Minggu, 31 Oktober 2010

Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang link yang ada di universitas gunadarma. link ini merupakan situs-situs site sebagai pembantu kemudahan bagi semua civitas kampus dalam menjalani kegiatan. berikut penjelasan secara singkatnya:

Layanan-layanan Universitas Gunadarma :

Dalam hal ini,
Dalam rangka meningkatkan kinerja dan kemudahan berinteraksi di
universitas gunadarma,
universitas gunadarma pun sudah menyiapkan layanan2 untuk mahasiswanya demi kenyamanan
dan kemudahan dalam berinteraksi,belajar,dsb.
Ada banyak layanan yang sudah disediakan oleh gunadarma,
antara lain sebagai berikut :

BAAK Universitas Gunadarma 

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah unsur pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan kemahasiswaan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab mengembangkan sistem program dan sumber daya biro, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik.
Dalam hal ini baak.gunadarma.ac.id
adalah layanan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan yang dimiliki oleh universitas gunadarma.
Berikut adalah tampilan homepage web tersebut:

Profil BAAK
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa
Dalam layanan tersebut,
kami sebagai mahasiswa gunadarma,bisa melihat informasi-informasi terbaru yang ada di universitas gunadarma.
yakni 
1.Jadwal Akademik, terdiri dari
  • Perkuliahan PTA 2010/2011: disertai dengan lokasi tempat belajar,jam pembelajaran,pencarian kelas,pencarian dosen yang sudah disertai dengan profilnya.
  • Jadwal UAS ATA 2009/2010(tahun ini sesuai dengan tahun diadakannya UAS ATA untuk saat ini):berisi informasi tentang UAS yang disertai dengan
    Kode
    Waktu
    Jam
    Keterangan
  • Ujian Utama ATA 2009/2010:berisi info tentang ujian utama,dimana sudah dibagi2 sesuai dengan jurusan,dan sudah dilakukan pemberitahuan tentang syarat2 mengikuti ujiannya
  • Daftar Ulang:Sebagai informasi atau pemberitahuan2 kapan,dimana,dan syarat2 apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan daftar ulang 
  • Jadwal Pengisian KRS PTA 2010/2011:Berisi informasi tentang syarat2 apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan pengisian KRS
2.Info Mahasiswa:dengan layanan ini kita bisa mengetahui jumlah mahasiswa yang ada di kelas yang kita cari,
mengetahui mahasiswa yang ada di gunadarma (disertai dengan No pendaftaran,NPM,kelas,jurusan)
3.Daftar kelas baru PTA 2010/2011: berisi informasi2 tentang kelas2 yang ada ditahun ajaran baru.
4.Kalender Akademik:berisi informasi tentang susunan acara yang akan dilakukan oleh universitas gunadarma disertai dengan tanggal,bulan,dan tahunnya.
5.Info pelayanan:dalam layanan ini sudah disertai dengan banyak informasi antar lain:
  • Perkuliahan dan ujian:Berisi tentang informasi(Kalender akademik,Daftar mata kuliah,Daftar dosen pembimbing PI,Daftar dosen wali kelas,Jadwal kuliah,Jadwal ujian,Pengurus ujian bentrok,Formulir rencana studi
  • Administrasi Akademik:Berisi tentang informasi(Daftar ulang,Cuti akademik,Tidak aktif kuliah,Aktif kembali,Pengecekan nilai,Pindah lokasi/waktu kuliah,Pindah jurusan
  • News:Berisi berita2 terupdate yang ada di gunadarma
  • Kontak kami:sebagai layanan kritik,saran,dan pertanyaan yang bisa diajukan di baak.gunadarma.ac.id
6.Pelayanan di Loket BAAK 1-8:ini adalah informasi di jam2 berapa layanan baak dibuka di universitas gunadarma


Setelah melihat informasi diatas maka saya akan menyimpulkan yakni:
Kelebihan Baak,gunadarma.ac.id:
  • Sebagai sarana yang memudahkan mahasiswa gunadarma dalam mencari informasi
  • Merupakan layanan online yang bsa kita akses dimana saja saat kita memerlukannya
  • Tanpa perlu ke universitas gunadarma,kita sudah mengetahui informasi yang terupdate saat ini
Kekurangannya:
  • Karena hanya satu web baak,dan tidak dibuat baak yang lain,apabila banyak pengunjung yang mengakses situs ini terutama mahasiswa gunadarma dapat menyebabkan serverdown bisa dibilang running out capacity
  • Web ini bisa dibilang tidak terbuka untuk umum
  • Mahasiswa luar gunadarma yang ingin mengetahui cara dan kinerja gunadarma,tidak akan tahu tntang npm,lokasi kelas karena tidak ada penjelasan mengenai hal tersebut
Studentsite

adalah Universitas Gunadarma memberikan fasilitas kepada anda selaku mahasiswa untuk dapat berkolaborasi dan mendapatkan informasi dengan sesama civitas akademika UG.berikut saya akan menjelaskan tentang layanan studentsite.gunadarma.ac.id,
mari kita lihat homepagenya terlebih dahulu,


Gambar diatas tersebut adalah gambar dari halaman awal dari website studentsite.gunadarma.ac.id,
Dalam homepage awal tersebut,sudah mencakup beberapa informasi antara lain:

  • Berita studentsite:ini adalah sebagai sarana untuk mengetahui berita2 terupdate di studentsite kita hampir serupa dengan baak news,hanya saja ini diperlihatkan untuk studentsite saja.
  • Aktifasi:ini adalah layanan untuk mendaftarkan studentsite kita,sudah berisi perintah2 dan apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan aktifasi
  • Kontak:Jika anda memiliki pertanyaan/saran/keluhan yang berkaitan dengan Student Site,

    anda dapat menyampaikannya dengan mengisi form lewat layanan ini
  • FAQ:ini adalah layanan untuk memberitahukan pertanyaan atau keluhan2 apa saja yang ada selama anda berkunjung atau memakai di layanan studentsite ini
  • Help:ini adalah layanan yang bisa dibilang sebagai sarana pertolongan jika kita kesulitan dalam menggunakan studentsie
Nah,itu adalah menu2 yang ada di halaman awal,
Sekarang jika anda sudah aktivasi dan log in maka tampilannya akan seperti ini
Dalam halaman ini,ada banyak juga layanan yang diberikan antar lain:
  • BAAK NEWS:berisi informasi tentang baak saat ini(bisa dibilang baak dan studentsite saling berhubungan lewat layanan ini)
  • Kalender Akademik:layanan ini juga yang terdapat di baak,ada di studentsite ini supaya semakin mempermudah pengaksesan tersebut karena sudah disediakan di 2 web yang berbeda
  • General menu:ini adalah layanan studentsite kita,bersifat privacy,kenapa privacy??karena dalam layanan ini sudah termasuk dengan layanan mengganti pasword studentsite kita masing2,sehingga hanya bisa digunakan oleh user studentsite itu sendiri
  • Menu layanan studentsite:ini adalah layanan2 yang ada di studentsite yang digunakan sebagai sarana untuk informasi bagi pengguna,sangat berguna karena banyak informasi yang diberikan lewat layanan ini antara lain:
  1. WWE news:berita yang berupa dalam world wide web
  2. Baak news:sama seperti yang saya sebutkan diatas
  3. Lecture Message:ini adalah layanan bagi para mahasiswa gunadarma untuk melihat tugas2 atau informasi baik dari dosen softskil sendiri maupun dari dosen staffsite.gunadarma.ac.id
  4. Rangkuman nilai:ini adalah layanan untuk melihat hasil kerja mahasiswa sesuai dengan semester atau tahun ajaran yang bersangkutan,bisa dibilang sebagai raport jika anda di sma
  5. Jadwal Kuliah:ini adalah layanan untuk memberitahukan jadwal kuliah user studentsite itu tersendiri(sudah disertai hari,dosen yang mengajar,mata kuliah yang diajarkan,dan lokasi tempat pembelajaran)
  6. Jadwal Ujian :Berisi informasi untuk mengetahui kapan dilaksanakannya ujian untuk user studentsite itu tersendiri
  7. Bebas perpustakaan:ini adalah layanan yang berhubungan dengan perpustakaan gunadarma bisa dibuka di library.gunadarma.ac.id untuk informasi lebih lanjut
  8. Surat keterangan:layanan untuk memberitahukan keterangan user jika sakit,atau berhalangan,pindah universitas,cuti kuliah,dsb yang bisa dilakukan lewat akes online
  9. Info absensi:layanan ini untuk memberitahu tentang absen mahasiswa,layanan ini berlaku bagi mahasiswa mulai tahun angkatan 2007.
  10. Pendaftaran lomba blog:bagi yang jago atau ahli dalam bloger,bisa ikut dalam layanan ini
  11. Info seminar:sebagai layanan untuk memberitahu kapan dan dimana seminar diadakan,layanan ini juga berguna untuk menambah nilai user studentsite itu tersendiri
  12. Tulisan:jika anda yang pandai menulis kata2 bisa dimasukkan kedalam layanan ini,akan lebih baik lagi jika yang dimasukkan adalah info2 yang bermanfaat bagi mahasiswa gunadarma itu sendiri
  13. Tugas:nah ini adalah layanan untuk memasukkan tugas yang telah kita buat(dalam hal ini tugas yang diberikan oleh dosen softskill)
  14. Warta warga:merupakan layanan yang berisi tulisan2 dari anak gunadarma itu sendiri,sangat bermanfaat karena banyak ilmu2 yang bisa kita ambil
  15. Blog komunitas perbankan:ini adalah layanan blog untuk jurusan perbankan tapi tidak menutup kemungkinan untuk melihat fasilitas ini meskipun saya jurusan teknik informatika
  16. Blog komunitas linux:ini adalah layanan blog untuk yang suka dengan hal2 berbau linux,kenapa gundar menyediakan layanan ini???karena gundar termasuk pendukung dalam hal open source
  17. Blog komunitas potograhpy:ini adalah layanan blog untuk yang suka dalam bidang photograpy,bisa dibilang sebagai sarana untuk menyalurkan hobi photography anda lewat layanan ini
Yap itulah layanan2 studentsite
Adapun setelah saya analisis:
Kelebihan studentsite:
  • Sangat membantu mahasiswa(dalam hal ini user studentsite itu sendiri)dalam mencari informasi
  • Karna ada layanan lecture message tadi,mahasiswa bisa mengetahui tugas2 dan perintah2 apa saja yang diberikan oleh dosen(dalam hal ini dosen softskill,tidak semua dosen melakukan pemberian tugas lewat layanan ini) lewat online
  • Studentsite merupakan sebuah web untuk mahasiswa gunadarma dimana layanan2 yang ada dirangkum lewat fasilitas layanan studentsite(walaupun belum semuanya)
Kekurangan studentsite:
  • Dalam hal ini saya hanya menyarankan,masih belum semua layanan gunadarma dirangkum di layanan studentsite
  • Tutorial yang diberikan dalam menggunakan layanan ini saya rasa kurang lengkap apabila user masih newbie dalam hal ini(hanya sebagai saran)
Wartawarga

adalah sebagai wahana civitas kampus yang menyukai jurnalistik mengenai berita dan ilmu pengetahuan dimuat dalam e-newspaper kemudian hasilnya menjadi suatu informasi sehingga readers dapat mengambil pengetahuan dan keputusan dari informasi tersebut.
berikut Akan saya perlihatkan priviewnya terlebih dahulu:

Warta warga,
bisa dibilang ini adalah layanan gunadarma yang dibuat sebagai sarana untuk menampung informasi2 yang diberikan oleh mahasiswa gunadarma dalam bentuk website.
Ya bisa dibilang ini adalah koran gunadarma,
Kenapa demikian???karena sebagian isi web ini adalah informasi2 berupa tulisan yang diupload oleh mahasiswa gunadarma.
Adapun layanan2 dalam web ini adalah:
  • Kategori:ini adalah pengelompokkan dari semua arsip2 atau berita2 yang ada di wartawarga.gunadarma.ac.id dalam sebuah folder2,sehingga nyaman bagi para user untuk mencari informasi2 yang diinginkan
  • Berita Studentsite:ini adalah berita studentsite yang pernah saya riview sebelumnya,masuk kedalam layanan ini karena memang semuanya itu saling berkaitan satu sama lain
  • Recent comment:ini adalah comment orang2 tentang berita tersebut,biasanya kata2 paling atas adalah comment2 yang baru,
  •  Cerita pendek/cerpen:ini berisi cerpen2 yang dibuat oleh mahasiswa atau komunitas gunadarma itu tersendiri
Dan menurut saya kelebihan wartawarga adalah
  • Merupakan web berisi tulisan2 yang bisa dibilang korannya gunadarma XD
  • Dengan adanya web ini mahasiswa gunadarma tidak akan ketinggalan masalah2 yang ada atau berita terupdate saat ini
  • Dengan layanan ini kita bisa saling bertukar informasi satu sama lain dengan mudahnya
  • Banyaknya category bacaan yang diberikan membuat layanan ini menjadi sangat menarik untuk digunakan
Adapun kekurangan dalam layanan ini adalah
  • Hanya berbentuk online saran saya buat koran,majalah atau sebagainya dari web ini agar bisa dikenal lebih umum

UG Open Course Ware

UG OpenCourseWare (OCW) adalah publikasi berbasis web hampir semua isi kursus UG. OCW terbuka dan tersedia untuk dunia dan merupakan kegiatan UG permanen. 
Apakah UG OpenCourseWare? UG OpenCourseWare adalah publikasi bebas dari bahan-bahan kursus UG yang mencerminkan hampir semua mata pelajaran sarjana dan pascasarjana mengajar di UG.  
Dalam hal ini OCW bukan pendidikan UG.OCW tidak memberikan derajat atau sertifikat,tidak menyediakan akses ke fakultas UG,bahkan  mungkin tidak mencerminkan seluruh isi kursus.  
Bagaimana cara pengguna untuk mendaftar dan menggunakan UG OpenCourseWare? Tidak ada proses pendaftaran atau pendaftaran karena OCW bukan kredit bantalan atau pemberian gelar-inisiatif. Bisakah saya mendapatkan sertifikat? UG No OpenCourseWare merupakan publikasi dari bahan-bahan kursus yang mendukung interaksi kelas dinamis dari pendidikan UG, itu bukan inisiatif kredit bantalan derajat-pemberian atau.  
Namun, Anda harus bekerja melalui materi jam kecepatan Anda sendiri, dan dengan cara apapun yang Anda inginkan. Bagaimana cara menemukan apa program yang tersedia? Bagaimana cara mencari situs Anda? Sebuah gambaran situs tersedia untuk UG OpenCourseWare. Anda juga dapat mengakses program oleh departemen atau menggunakan pencarian lanjutan untuk menemukan program studi atau topik tertentu.

Sumber dari http://ocw.gunadarma.ac.id/course/front-page-id-id-id-id-id-id-id-id/edit
Berikut adalah tampilan dari OCW
Yap,itulah sekilas tentang ocw.gunadarma.ac.id,
Adapun kelebihan dari web ini adalah:
  • UG No OpenCourseWare merupakan publikasi dari bahan-bahan kursus yang mendukung interaksi kelas dinamis dari pendidikan UG, itu bukan inisiatif kredit bantalan derajat-pemberian seperti tulisan diatas
  • Sebagai publikasi bebas dari bahan-bahan kursus UG yang mencerminkan hampir semua mata pelajaran sarjana dan pascasarjana mengajar di UG.  
Kekurangannya: 
  • OCW tidak memberikan derajat atau sertifikat,tidak menyediakan akses ke fakultas UG,bahkan  mungkin tidak mencerminkan seluruh isi kursus
  • Layanan yang disediakan di web ini saya rasa kurang banyak
  • Tampilan yang disediakan saya rasa kurang menarik

community

Community.gunadarma.ac.id
adalah sebuah sarana untuk komunitas mahasiswa gunadarma,yang ingin saling berkenalan satu sama lain
baik adik kelas maupun senior.
Topik yang dibicarakan pun bebas layaknya kaskus dan forum indowebster,
Dengan saling berbincang satu sama lain mahasiswa gunadarma dapat saling akrab satu sama lain
Adapun contoh gambar dari web ini dapat dilihat dibawah ini:

 Jika anda lihat,ada menu2 lain yang disediakan dalam web ini,akan saya jelaskan satu persatu

  1. Ug radio(jangan salah lo, anak gunadarma juga punya station radio sendiri,dengan lokasi 107.7 FM Ug radio community)layanan ini untuk mendengar radio gunadarma via online
  2. Home:ini adalah halaman awal dari community gunadarma,kita bisa melihat hal2 apa saja,atau topik2 terbaru lewat halaman ini
  3. Blog:berisi blog2 dari mahasiswa gunadarma yang di share di situs ini,silahkan kalian berkreatif lewat web ini dan salurkan ilmu2 kalian
  4. Forum:ini adalah forum2 mahasiswa gunadarma,banyak topik2 yang bisa anda lihat,membahas tentang apa saja yang ada di gunadarma ataupun diluar gunadarma
  5. UG'ERS:ini adalah layanan untuk mengetahui keadaan mahasiswa yang ada saat ini baik yang sudah alumni maupun masih melanjutkan studi,share foto2 wajah kalian agar bisa saling kenal satu sama lain XD
  6. Gallery:seperti yang saya bilang diatas,ini adalah layanan untuk menampilkan gambar2 yang sudah anda share ke web ini,wajah  lucu,senang bisa anda tampilkan disini,ini adalah web untuk bebas berekspresi
  7. Group:nah kalau ini adalah layanan untuk menampilkan grup2 yang ada di gunadarma,bisa dibilang komunitas2 gunadarma,jika anda pecinta musik silahkan cari grup musik di halaman ini
  8. Music:ini merupakan layanan untuk menampilkan dan memasukkan lagu,nanti lagu2 tersebut akan ditampilkan dalam bentuk list2 yang ada di web ini,lumayan lengkap lah
  9. Video:ini adalah layanan untuk menampilkan dan memasukkan video,ada juga video2 yang ada di televisi ya bisa dibilang video yang terupdate saat ini bisa anda masukkan disini
  10. Event:untuk mengetahui event2 apa saja yang ada di universitas gunadarma saat ini
Dan menurut saya kelebihan dari web ini adalah
  • Bisa dijadikan sebagai sarana refreshing bagi anak2 gunadarma
  • Bisa saling mengenal satu sama lain antara adk kelas dan senior
  • mahasiswa gunadarma bisa saling berkreatifitas lewat layanan  ini
  • Adanya kesolidan antara mahasiswa satu dengan yang lain lewat layanan ini
Kekurangan:
  • Mungkin karena ini situs ini untuk mahasiswa tidak ada dosen yang terlibat dalam hal ini sehingga mungkin terkadang menjadi tidak terarah
 ILAB Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, iLab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri. Di Ilab menyediakan kurang lebih 1000 komputer yang siap pakai oleh seluruh civitas kampus.


v-class

v-class adalah pembelajaran jarak jauh sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma.

Berikut ini rincian apa yang harus dilakukan Dosen dan Mahasiswa dalam sistem virtual class :

Yang dilakukan Dosen :

* Pembukaan kelas disini dosen memberikan instruksi kepada mahasiswa untuk melakukan absen.
* Penutupan kelas.
* Presentasi dengan video streamming .
* Upload dan download materi perkuliahan yang akan diberikan.
* Membuat soal ujian, model soal diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengajar.
* Memeriksa jumlah mahasiswa yang hadir atau mengikuti virtual class ini.
* Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dengan menggunakan microphone atau lewat chatting.
* Memberikan tugas yang menunjang materi yang dibawakan.
* Diskusi melalui forum (optional).


Yang dilakukan Mahasiswa :

* Absen secara Online menggunakan web yang disediakan.
* Evaluasi dalam bentuk Online.
* Berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting
* Diskusi melalui forum (optional).


Inilah beberapa external link dari Universitas Gunadarma dan masih banyak lagi external link lainnya. untuk lebih jelas lagi silahkan anda klik di website resmi Universita Gunadarma: www.gunadarma.ac.id.
 Sekian posting saya tentang layanan baak.gunadarma.ac.id
semoga bermannfaat bagi para pembaca terutama untuk mahasiswa gunadarma...terima kasih

SUMBER : GOOGLE

TUGAS 1

Faktor apa saja yang mempengaruhi iklim Bisnis di indonesia ?
* VALUTA ASING :
FOREX Trading atau yang lebih dikenal dengan Bursa Valas (Valuta Asing) merupakan suatu jenis perdagangan/transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. Mengingat tingkat likuiditas dan percepatan pergerakan harga yang tinggi, Forex trading telah menjadi alternatif yang paling populer karena ROI (Return Of Investment atau kembalinya nilai investasi yang telah kita tanam) serta profit yang akan didapat bisa melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya (biasanya rata-rata return berkisar lebih dari 5% - 10% per bulannya, bahkan bisa mencapai lebih dari 100% per bulannya untuk professional trader).
misalnya :
Hari ini saudara membeli 1$ = 8000 kemudian esok harinya harga 1$ menjadi 10.000 berarti anda telah mendapat keuntungan sebesar Rp. 2000, coba anda bayangkan jika anda membeli 1000$ ketika harga 1$ = 8000 kemudian anda menjualnya ketika harga 1$ = 10.000 berapa keuntungan yang akan anda peroleh.
karena itu kenapa kita harus melewatkan kesempatan bisnis ini jika telah tau kalau perdagangan valuta asing merupakan peluang bisnis / investasi yang menjanjikan untuk kesuksesan masa depan anda.
(sumber : http://basis-valas.blogspot.com/)
* CUACA DAN IKLIM :
Ketika udara terasa panas dan kering kita merasa selalu haus. Ketika udara terasa dingin minum wedang jahe terasa hangat. Menggunakan payung bila hujan kita tidak kehujanan. Nah, banyak minum karena udara panas, minum wedang jahe pada waktu udara dingin, dan mengguakan payung pada waktu hujan adalah contoh hal-hal yang logis yang berkaitan dengan cuaca. Dari hal-hal yang logis tersebut terkandung banyak isyarat yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Tidak hanya keuntungan materi saja yang dapat kita raub bahkan lebih dari itu keselamatan juga dapat kita peroleh. Untuk itu kenalilah hal-hal berikut.

Apakah yang perlu diketahui ?
Tiga hal utama yang perlu kita kenali tentang kaitan cuaca dan iklim dalam bisnis adalah bidang managemen, sensitifitas, sifat, dan kesesuaian cuaca dan iklim.
(1). Managemen.
Untuk memperoleh data sampai penyediaan informasi cuaca dan iklim dilakukan pengamatan dan pengukuran di banyak stasiun pengamatan. Kemudian data hasil pengamatan dan pengukuran dikumpulkan di pusat-pusat pengumpulan data untuk selanjutnya diolah sampai memperoleh informasi cuaca dan iklim yang rinci. Untuk melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut diperlukan sarana dan fasilitas, sumberdaya manusia, managemen dan biaya yang tidak sedikit. Data dari WMO menyebutkan bahwa di seluruh dunia saat ini (th.2000) terdapat lebih dari 10.000 stasiun pengamatan cuaca di darat, 7.300 di kapal laut, 600 buy yang dihanyutkan, 100 buy tetap, dan lebih dari 15 satelit cuaca di angkasa. Di Indonesia (2002), BMKG mempunyai sebanyak 163 stasiun pengamatan cuaca permukaan. Dari jumlah tersebut, 109 diantaranya melakukan pengamatan cuaca permukaan, 7 melakukan pengamatan cuaca permukaan dan cuaca laut, 54 melakukan pengamatan untuk klimatologi, dan sebanyak 10 stasiun pengamatan udara atas dengan menggunakan alat radiosonde serta lebih dari 4000 pos pengamatan hujan yang tersebuar di seluruh pelosok Indonesia.
Dapatkah kita menyediakan perangkat sarana, fasilitas, sumberdaya manusia, dan managemen yang diperlukan ?
(2). Sensitifitas.
Benda, kehidupan di bumi, dan kegiatan manusia peka terhadap cuaca dan iklim, tetapi masing-masing mempunyai kadar sensitifitas yang berbeda. Secara alami dan naluri atas kesensitifan tersebut timbul reaksi yang memerlukan upaya yang menuju ke keseimbangan. Upaya tersebut meliputi penanggulangan, pencegahan, dan perbaikan. Misalnya, bila udara panas atau kering kita selalu haus dan memerlukan banyak minum; bila tidak ada hujan tanaman dapat layu; bila udara sangat lembap bahan-bahan kimia dapat rusak; bila cuaca buruk pesawat terbang tidak dapat mendarat; dst.
Dapatkah kita menyediakan sarana dan fasilitas yang sesuai dengan yang diperlukan untuk memenuhi penanggulangan, pencegahan, dan perbaikan tersebut?
(3). Keseuaian cuaca dan iklim.
Cuaca dan iklim berbeda di setiap tempat dan dapat berubah setiap waktu. Oleh karena itu kenalilah sifat cuaca dan iklim di setiap tempat dan setiap waktu. Kemudian sesuaikan kegiatan dengan sifat cuaca dan iklim tersebut dengan memperhatikan sensitifitas benda, kehidupan, dan kegiatan masing-masing. Misalnya, di pegunungan yang dingin tanaman sayur-sayuran dapat tumbuh subur; di tempat-tempat dingin orang memerlukan selimut dan baju tebal; makanan dan minuman hangat banyak diminati di tempat-tempat dingin; sebaliknya di tempat-tempat yang panas, air dingin banyak diperlukan..
Dapatkah kita memanfaatkan atau menyediakan sarana dan fasilitas yang diperlukan sesuai dengan sensitifitas dan kesesuaian cuaca dan iklim tersebut?
( sumber : http://manfaatcuaca.blogspot.com/2010/01/cuaca-dan-iklim-dalam-bisnis.html )
* ISU TERORISME :
Isu terorisme pastinya akan buruk bagi bisnis yang sedang di jalani seperti bisnis Pariwisata,Ketua Umum DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) I Nyoman Kandia mengatakan, pemberitaan dugaan adanya kegiatan terorisme di Indonesia sangat meresahkan pramuwisata, sebab kehidupan profesi ini tergantung sepenuhnya pada kunjungan wisatawan. "Pemberitaan demikian itu berdampak buruk terhadap kunjungan wisatawan ke Indonesia. Dampak dari serangan terorisme terhadap gedung WTC tahun lalu telah menyebabkan kehidupan pramuwisata di Indonesia terpuruk,
" Kalau wisatawan yang berkunjung berkurang, otomatis pendapatan para pramuwisata berkurang. Hal ini secara beruntun juga menimpa keluarganya".
( sumber : http://www.gatra.com/2002-02-20/artikel.php?id=15506 )
* BENCANA ALAM :

Peluang Bisnis memang bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali disaat bencana alam mendera. “Pasca bencana adalah sebuah peluang bisnis” ujar Sofyan dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) eksekutif Nasional saat berbicara dalam diskusi bertema Lingkungan dan Tata Ruang Pasca Bencana di kampus Mrican Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Senin (11/6).
Ini memang tidak bisa dipungkiri lagi. Disaat bencana alam gempa bumi 5,9 SR yang terjadi 27 juni 2006 di jogja, banyak yang menangguk untung karenanya. banyak masyarakat membuka toko penyedia bahan-bahan bangunan untuk rumah. Seperti jualan bambu, semen, pasir, batu bata, dll.
Bantuan yang diberikan sebuah negara asing pada hakekatnya juga tidak lepas dari bisnis. Misalnya adalah sistem peralatan early warning system senilai Rp 40 milyar yang diberikan Jerman kepada Indonesia. “Tetapi biaya perawatannya serta tenaga ahlinya yang harus didatangkan dari sana tentu saja tidak gratis. Ini juga sebuah bisnis”. Padahal menurutnya, hal seperti ini tidak perlu dilakukan karena Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mampu menciptakan peralatan yang lebih canggih. Namun sayang malah tidak digunakan, demikian tulis Bambang MBK dalam situs aji jogja mengutip sofyan.
Lebih lanjut Sofyan menjelaskan berbagai perusahaan menangguk keuntungan yang banyak pasca bencana. Perusahaan indofood (pembuat mie instan) misalnya pasti penjualannya naik tajam. Begitu pula dengan perusahaan transportasi dan komunikasi, ujar Sofyan. Mie Instan adalah salah satu item bantuan yang selalu ada. Begitu pula dengan air minum dalam kemasan. Sofyan juga menambahkan, pemerintah juga untung, uang milyaran masih belom bisa dipertanggungjawabkan.
( sumber : http://bi.konblog.com/bencana-alam-peluang-bisnis.html )

Sabtu, 16 Oktober 2010

tugas 3


pendahuluan

Franchise/waralaba secara garis besar ialah sebuah cara memperluas jaringan usaha secara cepat. sistem franchise dianggap memiliki banyak kelebihan terutama menyangkut pendanaan, SDM dan managemen, keculai kerelaan pemilik merek untuk berbagi dengan pihak lain.Franchising juga dikenal sebagai jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya.

 Di Indonesia franchise dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa, Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data Deperindag pada 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia.setelah itu usaha waralaba/ franchise ini juga sempat mengalami kemerosotan pada saat terjadinya krisis moneter pada tahun 1998.

Franchise pertama kali dimulai di Amerika oleh Singer Sewing Machine Company,perusahaan mesin jahit pada tahun 1851,kemudian di ikuti oleh perusahaan otomotif  General Motor Industri,dan selanjutnya oleh perusahaan-perusahaan soft drink di amerika.sedangkan penggagass usaha waralaba pertama di inggris di mulai oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg

Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji. Kecenderungan ini dimulai pada tahun 1919 ketika A&W Root Beer membuka restauran cepat sajinya. Pada tahun 1935.Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk memonopoli usaha restauran modern

Sumber : Sumber: Majalah Info Franchise&  http://yud71bisnis.blogspot.com

Franchise Indonesia dimulai dengan masuknya brand-brand franchise Asing seperti KFC, McDonalds, dan Wendys. Berawal dari sebuah pemikiran bahwa sistem franchise terbukti sukses memacu perekonomian di banyak negara Maju seperti Amerika dan inggris. franchise juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi cukup banyak tenaga kerja.

Sejarah franchise di Indonesia berawal dari upaya pemerintah dalam hal ini Departemen Perdagangan RI. yang melihat sistem waralaba atau franchise sebagai suatu cara, usaha untuk menggiatkan perekonomian dan menciptakan.lapangan pekerjaan. Maka dimulailah sebuah usaha untuk mendata usaha franchise yang ada di Indonesia dengan menggandeng International Labour Organization (ILO). ILO sendiri mendatangkan seorang pakar franchise dari Amerika Mr. Martin Mendelsohn, untuk mempelajari, menganalisa situasi dan kondisi untuk merekomendasikan jalan/cara yang akan ditempuh. "Saya pertama kali datang ke Indonesia sekitar tahun 1999 atas permintaan dari ILO untuk memberikan saran kepada pemerintah tentang bagaimana mendorong pertumbuhan franchising dan membantu membentuk sebuah asosiasi franchise," ujar orang yang sudah dua kali berkunjung ke Indonesia ini.
Sumber:  franchisesia.blogspot.com

Pada akhirnya di indonesia, sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu franchisee tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi franchisor maupun franchisee.

PERKEMBANGANWARALABA/FRANCHISE DI INDONESIA

Bisnis waralaba di Indonesia mulai marak pada sekitar tahun 1970an dengan bermunculannya restaurant-restaurant cepat saji (fast food) seperti Kentucky Fried chiken dan Pizza Hut. Hingga tahuhn 1992 jumlah perusahaan waralaba di Indonesia mencapai 35 perusahaan, 6 di antaranya adalah perusahaan waralaba lokal dan sisanya (29) adalah waralaba asing. Perkembangan waralab asing. Perkembangan waralaba asing dari tahun ke tahun berkembang pesat sebesar 710% sejak tahun 1992 hingga tahun 1997, sedangkan perkembangan waralaba lokal hanya meningkatkan sebesar 400% (dari sejumlah 6 perusahaan menjadi 30 perusahaan).

Namun sejak krisi moneter tahun 1997, jumlah perusahaan waralaba asing mengalami penurunan pertumbuhan sebesar -9.78% dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2001. hal ini disebabkan karena terpuruknya nilai rupiah sehingga biaya untuk franchise fee dan royalti fee serta biaya bahan baku, peralatan dan perlengkapan yang dalam dollar menjadi meningkat. Hal tersebut mempengaruhi perhitungan harga jual produk atau jasanya di Indonesia. Sebaliknya waralaba lokal mengalami peningkatan pertumbuhan rata-rata sebesar 30%. Pada tahun 2001 jumlah waralaba asing tumbuh kembali sebesar 8.5% sedangkan waralaba lokal meningkat 7.69% dari tahun 2000. Perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dapat dilihatpada tabel di bawah ini.


 Tabel 1. Perkembangan Waralaba di Indonesia
Tahun
Jumlah Waralaba Asing
Jumlah Waralaba Lokal
Total
1992
1995
1996
1997
2000
2001
29
117
210
235
212
230
6
15
20
30
39
42
35
132
230
265
251
272
  
Sumber data : Deperindag, 2001

Menurut Anang Sukandar,ketua asosiasi franchise Indonesia (2002) bisnis waralaba lokal merupakan usaha yang prospektif di kembangkan di Indonesia. Berdasarkan analisa SWOT, juga dapat disimpulkan bahwa bisnis waralaba sangat cocok dikembangkan oleh UKM

Sumber: www.smecda.com                                                                   

Jenis waralaba
Waralaba dapat dibagi menjadi dua:
  • Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
  • Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Tingkat pengembalian yang layak dari sebuah waralaba adalah minimum 15 persen dari nilai.,dibawah ini merupakan beberapa contoh franchise dari mereka putra bangsa sendiri:
  • Di Indonesia waralaba yang berkembang pesat dan masih sangat menguntungkan adalah waralaba di bidang makanan (Wong Solo, Sapo Oriental, CFC, Hip Hop, Red Crispy, Papa Ron dan masih banyak merek lainnya ).
  • Waralaba berbentuk retail mini outlet (IndoMaret, Yomart, AlfaMart) banyak menyebar ke pelosok kampung dan pemukiman padat penduduk.
  • Dibidang Telematika atau Information & Communication Technology , juga mulai diminati pada 3 tahun terakhir ini berkembang beberapa bidang waralaba seperti distribusi tinta printer refill/cartridge (Inke, X4Print, Veneta dll ) , pendidikan komputer (Widyaloka, Binus) , distribusi peralatan komputer ( Micronics Distribution ) , Warnet / NetCafe (Multiplus, Java NetCafe, Net Ezy) , Kantor Konsultan Solusi JSI , dll.
  • Yang juga menguntungkan adalah waralaba di bidang pendidikan (Science Buddies, ITutorNet, Primagama ) , terutama taman bermain (SuperKids) dan taman kanak-kanak(FastractKids, Kids2success , Townfor Kids) , Pendidikan Bahasa Inggris (EF/English First, ILP, Direct English) , dll
  • Perkembangan merek dan waralaba dalam negeri cukup pesat dan pada pameran pameran franchise ditanah air terlihat banyak merek merek nasional Indonesia bersaing dengan merek global dan regional.

Pizza hut
Nama Sriboga memang kalah populer dibanding Pizza Hut. Tapi tahukah Anda bahwa pemilik restoran pizza terbesar di Indonesia itu adalah Sriboga Raturaya (Sriboga). Pada Juli 2008, Sriboga mengakuisisi 66% saham Pizza Hut Indonesia yang dimiliki oleh PT Recapital Advisory (Recapital), perusahaan private equity. Dengan akuisisi itu, kepemilikan saham Sriboga menjadi 91%. Ya, sebelumnya Sriboga telah memiliki 25% saham perusahaan pelopor bisnis pizza itu. Sementara itu, 9% saham Pizza Hut dimiliki oleh beberapa individu.



Tak banyak yang tahu bahwa keluarga Bustanul Arifin adalah salah satu owner Pizza Hut. Keluarga mantan Menteri Koperasi rezim Orde Baru itu memegang 25% saham Pizza Hut melalui Sriboga. Sisanya, 75% saham Sriboga dikuasai oleh Recapital. Sejarah akuisisi Pizza Hut dimulai pada empat tahun lalu. “Tahun 2004 saya tidak ada niat untuk ikut tender dalam mengambil alih Pizza Hut. Namun, berhubung pemenang tender tersangkut kasus L/C BNI, pihak Schroder Investment Hong Kong membatalkan dan melakukan tender lagi,” jelas Alwin Arifin, presdir Sriboga, yang putra Bustanul Arifin. “Lalu, majulah saya yang di-backup Recapital sebagai silent partner,” imbuhnya. Pada 2004, Pizza Hut dilego senilai US$ 42 juta
Perubahan kepemilikan ternyata tidak menambah masuknya orang Sriboga ke jajaran direksi Pizza Hut. Hanya satu orang Sriboga saja yang duduk di dewan direksi. Namanya Ade Ferial sebagai direktur keuangan yang menjabat sejak 2004. Namun, ada penambahan jumlah komisaris sejak Sriboga menguasai Pizza Hut, yakni dari satu menjadi tiga komisaris.
Yang menarik, Pizza Hut hanyalah salah satu lini bisnis Sriboga. Selain usaha fastfood itu, rupanya Sriboga dikenal sebagai pemain besar industri tepung terigu, pabrik roti berlabel Prabu, serta perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Rencananya pabrik roti Prabu dan kebun kelapa sawit itu akan di-spin off pada 2009.
Alwin mengklaim Pizza Hut menjadi tulang punggung perusahaan. “Hingga kini Pizza Hut paling menguntungkan,” ujarnya. Tidak salah jika Alwin berkata demikian. Stephen McCarthy memperkirakan hingga akhir tahun 2008, omset resto di bawah bendera PT Sarimelati Kencana itu mencapai Rp1 triliun.
Tak mengherankan, jika Pizza Hut akan terus ekspansif karena respons pasar sangat bagus. “Tahun 2009 kita akan buka 195-200 outlet baru Pizza Hut dengan lokasi mayoritas di Jabodetabek,” ungkap Presdir PT Sarimelati Kencana itu. Rata-rata tiap pembukaan gerai baru menyedot dana investasi Rp3–3,5 miliar. Saat ini total outlet Pizza Hut 169 cabang, padahal tahun 2004 cuma ada 84 gerai. Di luar Pizza Hut, kinerja Sriboga sebagai holding tak kalah bagusnya. Perusahaan yang didirikan tahun 1994, tapi baru membangun pabrik tepung terigu pada 1995 di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang itu memiliki kapasitas terpasang 1.500 ton/hari. Tapi, sejauh ini penggunaan kapasitas baru 70% atau memproduksi sekira 800 ribu bag/bulan. Sebanyak 250 ton/bulan tepung Sriboga diekspor ke Korea, Thailand, dan Pilipina. Sisanya untuk pasar domestik. Bahan bakunya: gandum 100% diimpor dari luar negeri. “Market share Sriboga sekarang sekira 7%, nomor tiga setelah Bogasari (70%),” Alwin mengungkapkan.



Sumber: http://indocashregister.com

Kesimpulan
Pada dasarnya franchise adalah suatu kegiatan untuk melebarkan sayap dalam bidang produksi serta pemasaran, Dengan demikian, franchising bukanlah sebuah alternatif melainkan salah satu cara yang sama kuatnya, sama strategsinya dengan cara konvensional dalam mengembangkan usaha.franchise memiliki banyak kelebihan terutama dalam bidang pendanaan,SDM, dan manajemen
Franchising juga merupakan suatu cara distribusi yang efektif, dengan taktik menjemput bola yaitu mendekatkan diri kepada para konsumen melalui tangan-tangan franchisee. Waralaba sebagai model pengembangan kemitraan bisnis memberikan peluang Yang sangat besar kepada para pengusaha mengembangkan usahanya.
Dalam rangka memberikan kepastian hukum dalam bisnis waralaba maka perlu adanya perangkat perundang-undangan dan sistem pendanaan. Oleh karena itu pemerintah wajib mendorong sistem waralaba khususnya paket-paket usaha yang diciptakan oleh pengusaha dalam negeri,agar para pengusaha pengusaha negeri ini dapat berekspresi dan bahkan pada tahun tahun yang akan datang bisa menyaingi label-label franchise ternama .kita semua pasti akan bangga bila melihat salah satu merk anak bangsa ini akan di kenal di belahan dunia lain.mungkin rumah makan sederhana bintaro misalnya :D

Sabtu, 09 Oktober 2010

TUGAS 2

Tiga unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas ekonomi..?

1.       Kelangkaan (Scarcity)
Keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka (scare). Kelangkaan mencakup kuantitas, kualitas dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik. Tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.
kemudian.

.2.       Pilihan-pilihan (Choices)
Dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul. Terbatas sumber data yang tersedia dibandingkan kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menetukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.

3.       Biaya kesempatan (Opportunity cost)
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh. Biaya ayang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akutansi (accounting cost).

Perusahaan dan Lembaga Sosial...?

Dalam pendekatan ekonomi, pemisalan terpenting dalam menganalisis kegiatan perusahaan adalah: perusahaan akan melakukan kegiatan produksinya hingga mencapai tingkat keuntungan maksimum. Berdasarkan pemisalan ini dapat ditunjukkan, pada tingka tkapasitas produksi bagaimana perusahaan akan menjalankan kegiatan usahanya. Di sisi lain perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Unit kegiatan seperti ini sering disebut sebagai lembaga social seperti halnya lembaga social lainnya, misalkan kehidupan keluarga, RT, yayasan social, koperasi dan sebagainya. Dalam ulasan kita, tentunya perlu dibedakan antara perusahaan dan lembaga social yang umum, sesuai dengan persepsi masyarakat.
Dengan demikian yang membedakan perusahaan dengan lembaga social terletak pada penekanan/prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup dan tangugung jawab social. Lembaga social lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab social (dalam hal ini laba tidak menjadi tolak ukur keberhasilan. Sebaliknya, perusahaan yang berorientasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan memfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan hingga mencapai maksimum (laba merupakan tolak ukur keberhasilan).

Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya. Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi baiaya: ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, transportasi, kedekatan pasar, kesesuaian iklim.

Lingkungan perusahaan

Secara umum lingkungan perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Yang akan dibahas adalah Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal makro dan lingkungan eksternal mikro.
Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk dalam lingkungan eksternal  makro adalah: keadaan alam, politik dan hukum, kondisi perekonomian, social budaya, tekhnologi, kependudukan dan keseimbangan lingkunugan dan pendidikan.
Sedangkan Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk lingkungan eksternal mikro adalah: pemasok, pesaing, perantara, pasar.

SUMBER  : GOOGLE