Kamis, 06 Januari 2011

TUGAS 9

Product Life Cycle (Siklus Kehidupan Produk)
adalah tahap-tahap perkembangan penjualan (historis) atau permintaan produk yang mempunyai pola, karakter dan penggulangan tahap perkembangan tertentu



Siklus kehidupan produk ada 4 tahap yaitu :
I. Tahap pengenalan produk
- penjualan lambat
- promosi besar
- laba negatif/ belum ada laba

II. Tahap pertumbuhan
- penjualan meningkat
- laba meningkat
- produk diterima
- pesaing meningkat

III. Tahap kematangan
- penjualan meningkat
- laba tinggi
- biaya rendah
- pesaing stabil
- adanya diversifikasi produk

IV. Tahap kemunduran
- penjualan menurun
- laba menurun
- biaya rendah
- pesaing berkurang


Kapan suatu Produk bisa dikatakan Leader Product?


Pada siklus kehidupan produk, produk dikatakan sebagai "Leader Product" pada tahap kematangan, yaitu ketika penjualan meningkat, laba tinggi, biaya rendah, pesaing stabil, dan adanya diversifikasi produk.
Contoh produknya seperti :
-aqua
-pepsodent
-indomie
-Pepsodent
-Yamaha


Mengapa suatu Perusahaan perlu melakukan divesrsifikasi produk ?


Diversifikasi produk adalah penambahan produk baru yang mempunyai fungsi produk, proses produksi atau teknologi, dan atau sasaran pasarnya berbeda dengan produk lama.
Diversifikasi produk merupakan salah satu cara untuk meningkatkan volume penjualan yang dapat dilakukan oleh perusahaan terutama jika perusahaan tersebut telah berada dalam tahap kedewasaan. Dengan diversifikasi produk, suatu perusahaan tidak akan bergantung pada satu jenis produknya saja. Tetapi perusahaan juga dapat mengandalkan jenis produk lainnya. Karena jika salah satu jenis produknya tengah mengalami penurunan, maka akan dapat teratasi dengan produk jenis lainnya.
diversifikasi produk ditujukan untuk membuat produk tahan lebih lama, mengarah kepada produk siap konsumsi / digunakan, memenuhi selera, kebutuhan dan harapan konsumen, memperluas pasar, mempermudah transportasi, menyerap tenaga kerja, member nilai tambah, pendapatan dan lain sebagainya.