Kamis, 31 Maret 2011

MENGENAI LAB INTERNET DASAR GUNADARMA

Laboratotium Internet dasar itu adalah suatu pelajaran yang dibuat oleh Universitas Gunadarma untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang plajaran-pelajaran internet dasar.
Di Laboratorium Internet dasar atau biasa disebut LABINTDAS ini semua mahasiswa diajarkan tentang apa itu internet,sejarah internet,siapa yang menciptakan internet,perangkat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi ke internet
Dengan adanya mata pelajaran LABINTDAS ini saya lebih memahami apa kegunaan internet yang sesungguhnya,karena biasanya semua orang bermain internet hanya sekedar memainkannya seperti membuka situs jejaring sosial , bermain game , mengerjakan tugas dimana tugas itu dicari dari situs engine seperti salah satunya GOOGLE atau untuk mencari informasi seperti di DETIK , GOAL , KOMPAS , KASKUS.
Selain belajar mengenai pengetahuan dasar-dasar dari internet, di LABINTDAS ini juga diajarkan tentang apa itu search engine, blog, dan bagaimana cara menggunakannya serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Misalnya saja google. Di google, ada 6 komponen seperti :
• Spider adalah komponen mendownload alamt web
• Crawler adalah mengikuti link pada halaman web
• Indexer adalah menganalisa halaman web yang telah didownload oleh spider
• Data Base adalah penyimpanan hasil proses
• Result Engine adalah menarik hasil pencarian Data Base
• Wen Server adalah Interface antara user dengan halaman tampilan
Pada awal saya diberitahu tentang LABINTDAS(Laboratorium Internet Dasar) ini saya sangat senang karena pada awalnya saya hanya bermain internet saja tanpa mengetahui apa tujuan diciptakannya internet itu sendiri.
Pada saat awal masuk,ternyata yang mengajarkan kita itu bukanlah dosen tetapi kakak-kakak senior yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu internet dan menjadi tutor asisten lab di LABINTDAS ini. Suasana di Lab ini juga sangat mendukung karena belajarnya juga tidak terlalu serius tetapi jelas dan mudah dipahami apa yang dijelaskan oleh tutornya, kakak tutor saya bernama kak FAUZI.
Di awal masuk lab kita diperintahkan untuk mengerjakan test awal yang dikerjakan dengan tenggat waktu 15 hingga 20 menit test awal in dekerjakan oleh mahasiswa dengan mencari jawbanya melalui internet tetapi sangat disayangkan diwaktu internet dasar ini jaringan internet yang digunakan sedang diperbaiki, jadi mahasiswa harus mengerjakannya dengan internet hp atau sebagainya setelah selesai mengerjakan test awal mahasiswa diberi waktu untuk tanya jawab atau sharing dan sementara kakak asisten tutornya memberikan nilai ke lembar kerja test awal yang sebelumnya dikerjakan oleh mahasiswa, di tanya jawab ini mahasiswa dapat bertanya yang macam-macam kepada kakak tutornya sepeti bagaimana sharing DOC atau file antar komputer dan apa itu JEVUSKA atau apa saja yang belum diketahui oleh mahasiswa itu sendiri.
Selain tanya jawab tentang internet dasar ini kak tutor juga memberi nilai lebih,nilai ini terbagi menjadi dua bagian yaitu nilai +10 dan nilai max,nilai sepuluh digunakan apabila mahasiswa dapat menjawab pertanyaan yang diberi oleh kakak tutornya dalam kategori pertanyaannya tidak terlalu sulit, dan nilai max diberi apabila mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dari tutor dengan kategori sangat sulit dan kakak tutor juga memberikan bonus tidak mengikuti ujian dalam arti lain langsung lulus ujian lab dasar apabila mahasiswa tersebut mendapatkan nilai max dua kali atau lebih.
Dan setelah tanya jawab mahasiswa ditugaskan kembali untuk mengerjakan soal yaitu LAPORAN AKHIR dimana laporan akhir ini di kumpulkan minggu depannya dan ada sanksi apabila mahasiswa tidak mengerjakan LAPORAN AKHIR tersebut sanksinya adalah mahasiswa tersebut belum mengerjakan LAPORAN AKHIR yang diberi oleh kakak tutornya.
Dan di akhir lab ini mahasiswa diberikan kartu untuk tanda bahwa kita merupakan mahasiswa yang ikut dalam LAB ini dan dikartu tersebut terdapat pas foto 2x3 dan foto tersebut di stempel dengan kata lain agar di LAB ini mahasiswa tidak menggunakan jasa joki atau perwakilan apabila mahasiswa tersebut tidak dapat mengikuti Lab ini. Dan dikartu ini diberi tempat untuk absen atau pertemuan yang dibahas agar tutor dapat mengetahui mana mahasiswa yang rajin dan mahasiswa yang malas dan kartu ini harus dibawa setiap mengikuti LABINTDAS ini.
Dan diminggu selanjutnya sama seperti diminggu pertama.
Tetapi ada kekurangan dan kelebihan dalam LAB ini yaitu kekurangannya adalah jumlah komputer yang tidak sesuai dengan mahasiswa yang mengikuti LABINTDAS ini tetapi kekurangan ini tidak terlalu dipermasalahkan karena dapat ditutupi oleh kelebihan yang dimiliki oleh tutornya salah satunya kakak tutor dapat mengajak mahasiswa belajar tanpa harus serius tetapi mahasiswa dapat memahaminya dengan jelas dan kakak tutornya juga baik-baik dan cara penyampaiyan materi yang diberikan juga santai dan jelas, karena bagi mahasiswa pelajaran yang terlalu serius dapat membuat mahasiswa bosan atau bete, kekurangan juga tertutupi oleh ilmu yang kita dapatkan dari LABINTDAS ini.
Dan saya mohon agar jaringan internet ini di perbaiki agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman pada saat praktikum Selain itu, saya juga ingin memberi saran agar semua pc yang ada di lab lebih dimaksimalkan, karena selama ini komputer di lab belum semuanya dapat digunakan. Mungkin karena ada yang rusak atau ada yang error, dimohon agar secepatnya dapat diperbaiki.
Saya juga ingin berterima kasih kepada kakak tutor saya yaitu kakak FAUZI, yang selama ini telah membimbing kita semua dan mengajar kami dengan jelas pengetahuan yang diberikan. Terima kasih juga untuk kakak-kakak asisten lab yang lain, yang telah banyak membantu di lab. Walaupun hanya 3 pertemuan di lab, tetapi itu sangat bermanfaat buat kita semua terutama untuk saya.
Saya juga ingin mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang mengenakan dan juga apabila saya melakukan kesalahan saat praktikum. Terima kasih untuk pengetahuan yang kakak berikan kepada saya dan teman-teman praktikan yang lain.
SEMOGA SUKSES SELALU UNTUK LABORATURIUM INTERNET DASAR UNIVERSITAS GUNADARMA (LABINTDAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar