Selasa, 14 Desember 2010

TUGAS 7

1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
a. Konsep produksi
Pada konsep ini memfokuskan pada menekan biaya produksi yaitu bahwa harga(murah) merupakan dasar pertimbangan utama pembelian .
b. Konsep Produk
Pada konsep ini memfokuskan pada pengembangan produk yaitu performance dan kualitas produk mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian.
c. Konsep penjualan
Pada konsep ini memfokuskan pada peningkatan penjualan yaitu uasaha- usaha penjualan(dan promosi) harus lebih aktif mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian .
d. Konsep Pemasaran, ada 2 :
§ Konsep Pemasaran (pelanggan)
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan yaitu pembelian dan pembelian ulang akan dilakukan apabila pelanggan(individual) mendapatkan kepuasan dalm pembelian .
§ Konsep pemasaran sosial
Pada konsep ini memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kesejahteraan masyarakat yaitu pembelian- dan pembelian ulang akan dilakukan apabila pelanggan(individual dan sosial) mendapatkan kepuasan dalam pembelian .
e. Konsep pasar
Pada konsep ini memfokuskan pada mengungguli pasar pesaing yaitu perusahaan perlu mempertimbangkan pesaing untuk merebut dan mempertahankan kepuasan pelanggan .

2. Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?
· Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli atau lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga.
· Pemasaran, adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.

3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep pemasaran ?
· Kebutuhan, adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.
· Keinginan, adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.

4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan “marketing mix” ?
Marketing Mix, adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Marketing mix, sering kali ditandai dengan kegiatan yang biasa di sebut 4P, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Saluran Distribusi (Place), dan Promosi (Promotion)


Sumber : Pengantar Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar